1.
Uraikan
dua manfaat peningkatan kualitas
3.
Uraikan
tiga metode yang digunakan perusahaan untuk mengidentifikasi masalah kualitas
5.
Berikan
dua contoh ukuran nonkeuangan atas kepuasan pelanggan yang berhubungan dengan
kualitas dalam balanced scorecard.
7.
Bedakan
antara waktu respons pelanggan dan waktu tenggang manufaktur.
Jawab :
1. Meningkatkan jumlah
pelanggan
Dengan peningkatan kualitas produk maupun pelayanan, konsumen
merasa puas dan percaya akan perusahaan,sehingga tdk akan beralih ke produk
lain.
Memperluasjaringan pemasaran
Dengan sudah terkenalnya produk pada masyarakat,maka akan mudah
untuk memperluas pemasaran
3. Metode mengidentifikasi
masalah kualitas
a) Check sheet
Check
sheet merupakan lembar pemeriksaan untuk memudahkan dan menyederhanakan
pencatatan data.
b) Metode Diagram
Metode
ini terdiri dari : metode histogram, diagram parieto, diagram fishbone, dan
diagram tebar. Diagram ini menggambarkan unsur karakteristik mutu yang paling
dominan dari unsur-unsur lainnya. Diagram pareto dapat digunakan untuk
mengetahui faktor penyebab masalah yang memiliki frekuensi paling tinggi.
c) Grafik
dan peta kendali
Tool
ini digunakan untuk menetapkan batas-batas tindakan pengambilan keputusan dalam
pengendalian mutu secara statistik.
5. Perspektif Non Keuangan di anggap sebagai bagian yang bila ikut
diperhatikan, pada akhirnya dapat mendongkrak kinerja keuangan yang merupakan keinginan utama dari pemegang saham.
Untuk
dapat exiss, perusahaan harus mempunyai strategi yang dituangka dalam action-action, sehingga penilaian kinerja juga harus lebih dari
sekedar penilaian financial.
7. a. Waktu Respons
Pelanggan (customer response time)
Adalah berapa
lama waktu yang diperlukan mulai dari waktu seorang pelanggan melakukan pesanan
atas suatu produk atau jasa hingga waktu produk atau jasa tersebut diberikan
kepada pelanggan.Kecepatan merespon pelanggan merupakan kepentingan strategis
bagi industri, seperti : konstruksi, perbankan, penyewaan mobil, dan makanan
cepat-saji.
b. Waktu Tenggang Manufaktur adalah jumlah waktu menunggu
dan waktu membuat
produk pada suatu pesanan. Sebuah pesanan pesawat yang diterima oleh Boeing
mungkin harus menunggu karena peralatan yang diperlukan sedang sibuk memroses
pesanan yang diterima sebelumnya. Waktu pengiriman adalah berapa lama waktu
yang diperlukan untuk mengirim sebuah pesanan yang telah selesai kepada
pelanggan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar