PENDAHULUAN
Sebelum
kita membahas penerapan ICT, ada baiknya kita mengetahui makna ICT itu sendiri.
Information Communications Technology (ICT) sekarang ini semakin sering kita
dengar khususnya bagi induvidu yang mengikuti dan menggunakan perkembangan teknologi.
Namun banyak orang yang belum mendalami apa sebenarnya ICT itu, hal ini
ditambah lagi karena konsep, metode dan aplikasi yang terlibat dengan ICT terus
berkembang setiap hari. Mempertimbangkan semua dengan menggunakan teknologi
digital yang sudah ada untuk membantu individu, bisnis dan organisasi adalah
cara yang baik untuk berpikir tentang ICT. Ada tiga kata yang harus kita pahami
sebelumnya, yaitu:
a. Information
(informasi) : hasil dari data yang diolah dan menerangkan sesuatu serta berguna
bagi yang mengetahuinya.
b. Communications
(komunikasi) : pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara 2 pihak atau
lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami.
c. Technology
(teknologi) : kemampuan teknik yang berlandaskan pengetahuan ilmu eksakta yang berdasarkan
proses teknis.
Dengan
demikian ICT merupakan teknologi yang dapat diandalkan untuk memberikan layanan
yang efektif dan efisien. Teknologi
ICT yang terlibat dalam komunikasi perusahaan cenderung kompleks. Namun kita
tidak bisa hanya memahami ICT dari luar saja. Namun ada aspek komunikasi
digital terutama berkaitan dengan jenis jaringan dan cara untuk melakukan
koneksi ke internet. Jaringan yang biasa digunakan adalah Local Area Network (LAN). LAN menghubungkan sejumlah hardware( input dan output
perangkat komputer serta proses yang terjadi). Tujuan LAN adalah untuk berbagi
fasilitas hardware seperti printer
atau scanner serta software aplikasi yang ada. Jenis
jaringan ini tak ternilai di lingkungan kantor dimana rekan – rekan harus
memiliki akses ke data atau program umum.
ICT
dalam Konteks yang Lebih Luas.
ICT
selama ini mungkin sudah kita gunakan, tapi ada beberapa hal yang sepertinya
harus kita pertimbangkan berhubungan dengan cara ICT digunakan dan dikelola
dalam suatu organisasi:
a. The Nature of
Information; hal ini meliputi topik seperti
makna dan nilai informasi; Management of
Information; hal ini mencakup bagaimana data diambil, diverivikasikan dan
disimpan secara efektif untuk digunakan; pengolahan serta penyebaran informasi;
menjaga supaya informasi aman; dan merancang jaringan untuk mencari informasi.
b. Information System
Strategy; hal ini mempertimbangkan bagaimana ICT
dapat digunakan dalam bisnis atau organisasi sebagai bagian dari pencapaian
tujuan dan sasaran.
Fungsi
dan Kelebihan ICT
Perkembangan
ICT-pun membuat rangkaian teknologi ini memiliki fungsi yang terus berkembang,
saat ini ICT dapat membantu kita untuk :
1. Meningkatkan
kinerja perusahaan atau organisasi
2. Mengatur
dan mengelola informasi dengan lebih mudah
3. Memonitor
keuangan dengan akurat
4. Memperluas
jangkauan berbisnis atau berorganisasi
5. Berkomunikasi
dengan cara online
6. Menghemat
biaya operasi perusahaan. Dan lain – lain.
Berikut
adalah beberapa kelebihan ICT yang dapat membantu operasional di perusahaan :
a. Layanan
yang lebih baik
Memudahkan
bagi setiap orang untuk berkomunikasi dengan baik dengan menggunakan e-mail,
telepon, situs web, dll.
b. Akses
informasi yang lebih baik
Membantu
mengumpulkan, mengolah dan melaporkan informasi kinerja untuk membantu
menjalankan organisasi dengan baik.
c. Manajemen
keuangan yang lebih baik
Perangkat
lunak akuntansi dapat mencatat pendapatan dan pengeluaran; serta membantu
menangani pajak. Hal ini sangat membantu terutama bagi perusahaan raksasa yang
akan kesulitan melakukan pembukuan jika tidak ada ada ICT terutama perangkat
lunak akuntansi.
d. Komunikasi
yang lebih baik dengan masyarakat
Komputer
dan internet dapat membantu untuk mengumpulkan, mengelola dan mempublikasikan
informasi menggunanakan sarana telepon,web, dll.
e. Adminitrasi
yang lebih terkontrol
Mengelola
informasi dapat dilakukan dengan menggunakan file server. Adminitrasi yang lebih baik juga dapat dilakukan
dengan cara menggunakan mail merge
untuk menghemat waktu saat mengirim sejumlah dokumen serta antar pegawai bisa
menghemat kertas, tinta printer, dll
untuk mentransfer informasi.
Penerapan ICT dalam Perusahaan
Penerapan ICT banyak digunakan para
usahawan. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usaha
merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Penerapan
Teknologi Informasi dan komunikasi menyebabkan perubahan pada kebiasaan kerja.
Misalnya penerapan Enterprice Resource
Planning (ERP). ERP adalah salah satu aplikasi perangkat lunak yang
mencakup sistem manajemen dalam perusahaan, cara lama kebanyakan.
MANFAAT
ICT
Perkembangan di bidang ITC dari masa ke masa sangat pesat
dan perannya dalam kehidupan manusia dapat dirasakan dalam berbagai bidang
kegiatan kehidupan manusia, baik secara individu ataupun kelompok (organisasi
atau perusahaan).
ITC dalam Industri dan
Manufaktur
Dalam bidang industri, komputer
digunakan pada proses perencanaan sebuah produk baru melalui program desain,
seperti Computer Aided Design (CAD). Gunanya, agar produk yang diinginkan dapat
dirancang secara cepat, mudah, dan memiliki ketepatan tinggi. Sebagai contoh,
untuk menggambar bentuk desain mobil dibutuhkan waktu yang lama dan relatif
sulit apabila dilakukan secara manual. Akan tetapi, dengan program CAD
(misalnya, AutoCad) semua itu dapat teratasi. Bahkan, program ini dapat
menggambarkan bentuk nyata sebuah desain mobil dilihat dari berbagai sudut (3
dimensi).
Pada tahap produksi, digunakan robot
yang d¬kendalikan oleh komputer dengan program Computer Numerical Control (CNC)
dan Computer Aided Manufacture (CAM). Bahkan, ujicoba ketahanan kendaraan dapat
dilakukan dan disimulasikan dengan komputcr.
Dari penjelasan tersebut, dapat
disimpulkan bahwa peran ITC dalam bidang industri dan manufaktur sangat besar,
di antaranya adalah sebagai berikut :
a.
Sebagai alat bantu untuk
merancang produk baru secara cepat, mudah, dan tepat (akurat).
b.
Proses produksi dapat dilakukan
dengan sesedikit mungkin tenaga manusia sehingga mengurangi resiko fisik yang
dapat dialami oleh manusia.
Mengambil Manfaat ICT untuk
Pembangunan
Dua kondisi akan membantu negara
berkembang mengeksploitasi potensi TIK untuk pertumbuhan sosial dan ekonomi.
Yang pertama adalah ketersediaan infrastruktur informasi nasional. Yang kedua
adalah kemampuan untuk menciptakan dan mendorong lingkungan yang mendukung. Ini
artinya membangun aplikasi dan konten untuk memanfaatkan inftrastruktur sesuai
dengan kebutuhan lokal. Aplikasi ini misalnya adalah aplikasi kebutuhan harian,
aplikasi komunitas, aplikasi pendidikan dan aplikasi produktif. TIK dapat
memberikan manfaat ekonomi dan sosial yang sangat besar kepada banyak pihak
bila strategi TIK yang tepat diimplementasikan. Pertimbangan utama dalam desain
dan implementasi strategi TIK mencakup memproduksi dan memanfaatkan TIK untuk
kepentingan sosial dan ekonomi, mengembangkan sumber daya manusia untuk dapat
mengimplementasikan strategi secara efektif, mengelola inovasi iptek di bidang
TIK demi pengembangan yang berkelanjutan, memperbaiki akses ke jaringan TIK,
mempromosikan dan mendanai investasi TIK, menciptakan dan mengakses pengetahuan
iptek, memonitor dan mempengaruhi aturan internasional.
Hubungan ITC dalam tata letak pabrik
perencanaan dan pengendalian produksi, pemodelan sistem, perancangan tata letak pabrik, dan ergonomi. Nantinya, kamu akan mampu merancang skema untuk meningkatkan kualitas, produktivitas, dan efisiensi sebuah sistem integral industri dengan menjaga keselarasan aspek manusia dan lingkungan kerjanya. Sistem integral ini sendiri terdiri dari manusia, mesin, material, energi, dan informasi
KESIMPULAN
Layanan ICT sekarang digunakan oleh semua sektor ekonomik, mulai
dari pertambangan dan pertanian sampai layanan finansial, manufaktur dan
kepariwisataan. Jaringan privat ini hadir di semua industri global, di mana
perusahaan multinasional menjadi perusahaan jejaring. Para pengguna bisnis
berskala besar memiliki kebutuhan akan sistem yang cost-effective,
leluasa, aman, automated, terpadu dan terandalkan. Jika para penyedia
layanan lokal tidak dapat memenuhi kebutuhan ini, dengan biaya yang masuk akal,
perusahaan-perusahaan besar memiliki pilihan untuk mengembangkan sendiri
jaringan privat.Perusahaan multinasional telah dapat mengkoordinasikan produksi
dan marketing dengan sistem komunikasi berbasis satelit dengan kapabilitas video-conferencing,
untuk tujuan mengkoordinasikan pengembangan produk dan disain manufaktur. Perusahaan-perusahaan
kecil lebih terbatas kemampuannya untuk mengembangkan jejaring ICT sendiri
ataupun untuk menyewa, karena besarnya biaya. Ini menjadi pilihan yang ekonomik
hanya jika organisasi tersebut cukup besar untuk menimbulkan cukup trafik untuk
menghasilkan penghematan. Oleh karena ini, perusahaan-perusahaan global
merupakan pihak-pihak yang pertama yang mengadopsi ICT baru. Sektor-sektor yang
sangat bergantung pada ICT mencakup, antara lain perusahaan-perusahaan layanan
finansial.
DAFTAR PUSTAKA
wiki.answers.com/Q/What_is_IC
terima kasih atas infonya ,artikelnya bagus dan bermanfaat ...
BalasHapuskunjungi website kami di http://www.atmaluhur.ac.id
thanks ..