Ketika kita akan menghentikan suatu laju
kendaraan, kita perlu menginjak pedal kopling untuk memisahkan tegangan dari
mesin menuju transmisi jika tidak maka
mesin terhenti karena terjadinya stall hal ini sering terjadi ketika
menggunakan transmisi jenis manual. Akan
sngat berbeda jika kita menggunaka
transmisi otomatis, dimsn ada unit torsi konverter yang memisahkan antara
transmisi dengan enggine. Dalam kopling
manual, unit terdiri dari cakram kopling, presure plate, throw out dan bantalan
pilot.
Bagian
dari komponen kopling sebagai berikut:
Ø Plat
tekan
Ø Roda
penerus
Ø Plat
kopling
Ø Ger
matahari
Ø Unit
plat penekan
Ø Poros
kopling
Ø Roda
penerus
Ø splines
Sebuah transmisi otomatis merupakan unit
yang lebih ringan dibanding dengan transmisi biasa, unit ini dibautkan secara
langsung ke torque converter dan
kadang-kadang transmisi otomatik disebut sebagai piring fleksibel. Didalam
transmisi manual roda gila dibuat lebih berat untuk membantu momen inersia
mesin dan membuat pergerakan halus. Plat kopling diletakan antara cakram
kopling dan roda gila (fly wheel). Berikut ini merupakan panduan untuk membantu diagnosis dan
prosedur perbaikan untuk masalah kopling yang paling umum.
Periksa Fluida Kopling
Beberapa mobil yang dibuat dengan
sistem kopling hidrolik. Ini berarti
ada minyak rem yang digunakan sebagai
fluida hidrolik untuk mengoperasikan sistem aktuasi kopling. Periksa level cairan, jika cairan yang rendah
atau hilang Anda mungkin memiliki
kebocoran. Sistem aktuasi kopling tidak akan
bekerja tanpa cairan. Periksa master silinder kopling dar
kebocoran.
Catatan: memeriksa di bawah dasbor
menuju bagian belakang dari master kopling, itu adalah umum bagi kebocoran terjadi di sini
Plat
Kopliing
Jika plat kopling
rusak, kendaraan diinjak gasnya tapi larinya tidak bisa kencang ini diakibatkan
selipnya plat kopling.
Master Kopling Silinder
Beberapa kendaraan yang dilengkapi dengan master silinder kopling yang mengubah
tekanan kaki Anda untuk tekanan
hidrolik. Jika kerja master silinder kopling ini gagal maka pengoperasian tidak
kopling bisa, gigi tak bisa masuk.
Kabel Kopling rusak
Beberapa kendaraan yang dilengkapi
dengan kabel kopling bukan silinder
master. Jika Anda mendorong pedal kopling dan rasanya itu tidak melakukan
apa-apa periksa kabelkopling untuk kerusakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar